Rahasia kanker payudara & kategori penderitanya

Kanker payudara
Kanker payudara adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum perempuan. Tidak hanya wanita, bahkan dalam beberapa kasus, ada pula penderita kanker payudara adalah kaum pria. Pada wanita, kanker payudara jarang terjadi pada umur sebelum 30 tahun dan angka kejadiannya meningkat setelah mati haid. Untuk alasan ini benjolan payudara yang terdapat pada wanita setelah mati haid dianggap sebagai kanker payudara sampai dibuktikan adanya penyakit lain. Walaupun bisa, tapi kanker payudara jarang terjadi pada pria. Bila pun hal ini terjadi, biasanya tidak sampai stadium lanjut.

Pengertian kanker menurut WHO 2009 adalah pertumbuhan abnormal sel-sel, tumbuh melampaui batas normal, merusak jaringan sekitar dan menyebar ke organ lain. Kanker atau keganasan payudara adalah pertumbuhan abnormal dari sel-sel kelenjar payudara yang melampui batas normal, merusak jaringan sekitar dan bisa menyebar ke organ lain. Kanker payudara umumnya tidak terasa nyeri, hanya kadang-kadang timbul rasa tidak nyaman. Kanker Payudara yang paling sering terjadi adalah yang tumbuh perlahan-lahan sebagai benjolan yang tidak nyeri.

Pada stadium awal, biasanya ditandai dengan adanya sejenis gumpalan di dalam payudara, tidak terasa nyeri, namun terasa keras, batas tidak jelas, terdapat gambaran yang abnormal pada pemeriksaan mamografi.

Pada stadium lanjut, terdapat retraksi kulit / puting payudara, pembesaran kelenjar getah bening ketiak, pembesaran payudara, bengkak, nyeri, warna kemerahan, gumpalan melekat pada kulit atau dinding dada, kulit terlihat seperti kulit jeruk, terlihat adanya luka pada kulit payudara. Penyebaran kanker dapat terjadi melalui saluran lymphe (limpa) atau aliran darah. Penyebaran lebih sering terjadi pada organ paru, tulang (terutama tengkorak, tulang belakang dan panggul) dan organ hati. Apabila memungkinkan, penyebaran kanker ini harus dipastikan dengan melakukan pemeriksaan biopsi kelenjar getah bening, pemeriksaan sinar-X terhadap tulang dan dada, pemeriksaan scanning hati dan tulang menggunakan radioaktip isotop.

Mungkin setiap wanita pernah mendengar “Kanker Payudara”, tetapi bukan berarti tidak mengenal penyakit yang mematikan ini, penyakit ini bagaikan membuka sebuah kode rahasia, agar anda lebih mengenal wujud kanker payudara.
  • Kanker payudara pada pria dan wanita memiliki perbandingan 1:100, meskipun kanker payudara pada pria sangat langka, tetapi ketika payudara pria terlihat tidak normal, seperti: tumor, terasa sakit, ketika semakin buruk maka harus tepat waktu untuk pergi ke rumah sakit untuk diperiksa.
  • Data menunjukkan, bahwa wanita Barat terkena kanker payudara umumnya lebih tinggi daripada wanita Asia, tetapi karena wanita Barat menghargai pemeriksaan fisik, kemampuan untuk mendeteksi penyakit sedini mungkin, jadi kematian kanker payudara pada wanita Barat paling sedikit 20% lebih rendah dibanding wanita Asia.
  • Wanita yang menstruasinya lebih cepat dan menopausenya terlambat, membuat hidup mereka lebih banyak memproduksi hormon estrogen, ini merupakan salah satu alasan dari tingginya  insiden kanker payudara. Penelitian telah menunjukkan: sebelum umur 13 tahun menstruasi  atau hingga umur 55 tahun masa menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara.
  • Wanita yang tidak menyusui memiliki risiko terkena kanker payudara 1,5 kali lebih besar dari wanita menyusui.
  • Jika Anda memiliki kebiasaan makan serat banyak dan lebih sedikit lemak dan berolahraga lebih dari 20 menit sehari, sebanyak 80% dapat menghindari kanker payudara.
  • Melewati perkembangan yang panjang, kesadaran manusia terhadap kanker payudara, kini  relatif jelas, kanker payudara adalah bukan kanker lokal, tetapi kanker sistemik. Penelitian  telah menunjukkan bahwa: setelah pengobatan kanker payudara, kelangsungan hidup lima tahun pertama untuk stadium 1 adalah 90%, stadium 2 70%,dan stadium 3 45%.
  • Umur  35  tahun lebih untuk pertama kalinya melahirkan memiliki resiko kanker payudara 3-4 kali dibanding perempuan di bawah umur 30 tahun untuk pertama kali melahirkan.
  • Wanita yang belum melahirkan memiliki risiko kanker payudara 30 persen lebih tinggi daripada wanita yang telah melahirkan.
Dengan gaya hidup wanita modern, kebiasaan makan, serta perubahan lingkungan faktor, karakteristik baru siologis perempuan menjadi tempat yang tepat untuk pembentukan kanker payudara. Menurut banyak ilmuwan dan medis penelitian ilmuwan menegaskan, berikut kategori orang cenderung menderita kanker payudara.

1. Hiperplasia kelenjar susu tak tersembuhkan selama bertahun-tahun
Hiperplasia kelenjar susu adalah penyakit kronis. Meskipun tidak setiap kasus hiperplasia payudara ganas, tetapi hiperplasia kelenjar susu dan kanker payudara di kalangan banyak kontak, menunjukkan bahwa orang harus secara aktif peduli dan pengobatan.

2. Aborsi berulang
Banyak wanita yang sebelum melakukan aborsi bertanya kepada dokter: aborsi pada seseorang apakah mempunyai dampak yang seberapa besar? Dan mereka dianggap umumnya mengacu pada kerusakan fisik dan rasa sakit, dan tidak menyadari bahwa perubahan superfisial di hormon mempengaruhi tubuh manusia adalah yang terbesar.

3. Obat-obatan sehari-hari atau kosmetik
Penelitian telah menunjukkan: bahwa penyalahgunaan produk perawatan kesehatan yang mengandung hormon dapat menyebabkan kanker payudara.

4. Ada riwayat kanker payudara pada keluarga
Di balik setiap kita memiliki keluarga besar, dan status kesehatan setiap anggota keluarga dalam keluarga untuk berbagai tingkat, dapat mempengaruhi masa depan kita.

5. Menstruasi yang terlalu awal, dan menopause yang terlambat
Fenomena fisiologis baru perempuan seperti menstruasi yang awal, keterlambatan menopause, tidak bisa mempunyai anak dan melahirkan anak telah sangat meningkatkan kejadian kanker payudara. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa anak gizi hari ini, dan penyalahgunaan suplemen, yang paling awal menstruasi, beberapa wanita artifisial memperpanjang masa remaja dan menopause artifisial tertunda, sehingga kelenjar susu oleh estrogen terlalu lama. Selain itu, melajang, pernikahan berlangsung waktu singkat, banyak pasangan seksual dan kelahiran pertama diatas 30 tahun, pasien wanita dengan hiperplasia kelenjar susu banyak, meskipun hiperplasia kelenjar susu tidak ganas, tetapi jika dalam jangka panjang tidak disembuhkan kemungkinan akan berubah untuk kanker payudara.

Komentar